sekarang aksesnya kan sudah bagus," tukasnya. Yang tadinya mau bangun bendungan susah, kita perlu bangun listrik. Ini kan sudah buka, Kenapa enggak kita bikin pariwisata. Kan sayang hanya bangun jembatan saja. Misalnya kita bangun Jembatan Holtekamp. keanekaragaman hayatinya. "Di situ ada danau yang bagus view-nya,
Begitu juga wilayah lainnya," papar Arie. Karena kita ada Taman Nasional Lorentz. Ini kita lebih bagus dari pada Swiss. "Makanya saya dengan Menteri Pariwisata mau membuat jalan-jalan yang sudah dibuka ini untuk jadi daerah tujuan wisata.
Taman ini merupakan yang terbesar di Asia Tenggara. Salah satunya adalah kawasan Taman Nasional Lorentz di Papua. pemerintah juga berencana membangun kawasan pariwisata yang kini dapat dilalui lewat jalur darat. Dengan terbangunnya konektivitas,
harga-harga akan murah," jelas Arie. Jadi biaya transportasi turun, kita nanti akan pakai udara. Jadi yang tadinya pakai udara, tapi eksponensial atau cepat sekali. Dan itu enggak linear, perkebunan di sana akan berkembang. "Begitu pula dengan potensi perikanan,
dan wilayah sekitarnya akan tumbuh sumber perekonomian baru. Semua hal ini akan membuat biaya operasional dapat ditekan, Jalur distribusi barang yang tadinya lewat udara pun kini bisa ditempuh via darat.
Adanya jalan yang sudah terfasilitasi membuat distribusi barang lebih mudah. maka saat ini sumber pasokan batu bisa diambil dari wilayah di Wamena yang memiliki sumber daya yang cukup. Jika dulu mendatangkan batu ke Merauke harus dari Palu, Yang berikutnya adalah potensi efisiensi distribusi barang.
Ini artinya ketimpangan Indonesia Timur dan Barat mulai terkikis," tutur Arie. tembus gunung dan lain-lain. jalan kaki, Tadinya mereka ke sana harus 3 hari, Para medis juga. tapi sekarang guru-guru sudah ucapkan terima kasih. walaupun jalan masih pakai urugan pilihan (jalan tanah bercampur kerikil pilihan) di sana, "Kemarin saya ke sana,
bagaimana pemanfaatan Trans Papua sejauh ini? Lantas setelah dibangun,
Senin (6/2/2017). Jakarta, kalau kita mengikuti ekonominya," katanya kepada detikFinance saat ditemui di kantornya, semuanya kan pembangunan jadi di Jawa terus, Kalau enggak, Kemudian bagaimana mengembangkan semua potensi. Tapi kita kan NKRI. kita tidak akan pernah bangun ini Papua. "Kalau dilihat IRR-nya,
Arie Setiadi Moerwanto mengatakan hal tersebut dilakukan untuk melakukan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah di Indonesia. Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR),
dan Rp 749,5 miliar untuk pembangunan jembatan. alokasi anggaran untuk Trans Papua adalah sebesar Rp 2,55 triliun yang terdiri dari Rp 917,4 miliar untuk perawatan atau preservasi jalan Rp 890 miliar untuk pembangunan jalan baru, Sedangkan untuk tahun 2017,
dan pembangunan jembatan sebesar Rp 579,4 miliar. Rp 834,8 miliar untuk 151,34 km pembangunan jalan baru, anggaran yang dialokasikan untuk Trans Papua mencapai Rp 2,15 triliun yang terdiri dari Rp 739 miliar untuk perawatan atau preservasi jalan sepanjang 1.719,46 km, Sepanjang tahun 2016 saja, Pemerintah mengalokasikan dana yang cukup besar untuk pembangunan jalan Trans Papua sepanjang 4.330,07 kilometer (km).
Source: detikcom
EmoticonEmoticon
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.